Social Icons

Tuesday, August 6, 2013

Benarkah dengan men-Defrag HDD bikin Kinerja PC lebih Cepat?


Terkadang ada anggapan bahwa dengan melakukan defrag ke harddisk di PC atau laptop, maka akan dapat menambah performa mesin. Benarkah?

Mungkin bagi orang yang paham komputer pasti mengerti bahwa defragmentasi HDD atau harddisk sangat penting dan harus dilakukan secara berkala. 

Namun, apakah benar dengan men-defrag HDD di dalam sebuah PC atau laptop dapat menambah performa dan kinerja mesin yang bersangkutan?

Menurut penjelasan di Pcadvisor, memang akan ada perubahan dari sebelum dan sesudah proses defrag. Namun, hal tersebut tidak banyak membantu memperbaiki kinerja PC atau laptop apabila banyaknya file yang terdapat dalam satu partisi dan jumlah partisinya sendiri.

Kinerja dan performa sebuah HDD dalam PC atau laptop akan sedikit meningkat setelah dilakukan proses defrag jika ada minimal 20 persen free space di dalamnya.

Jadi dapat dikatakan bahwa apabila tidak ada free space di dalam sebuah HDD maka, proses defrag hanya akan berfungsi sebagai penata ulang segala hal di dalamnya dan bukan menjadi ‘penggenjot’ kinerja.

Share on :

No comments:

Post a Comment