Social Icons

Saturday, April 13, 2013

Tips Dalam Memilih Power Supply Komputer

Ketika anda merakit sebuah komputer, sering kali power supply menjadi hal yang di pikirkan belakangan setelah VGA, Mainboard, Processor dan RAM terpenuhi. Padahal power supply termasuk komponen yang sangat penting untuk menjaga kelangsungan hardware - hardware anda. Lalu apa sih kegunaan power supply itu?
Sesuai dengan namanya power supply di gunakan untuk menyuplai aliran listrik ke setiap komponen hardware komputer
seperti mainboard, vga, hardisk, dsb. Power supply di bagi kedalam dua jenis yakni power supply true power dan non true. Kalau kita membeli casing komputer biasanya power supply non true di ikut sertakan dalam casing tersebut, dan sebaiknya jangan di gunakan karena dapat mempercepat kerusakan komponen hardware anda.

Lalu bagaimana membedakan power supply true power dan non true power ?
untuk membedakannya cukup mudah, biasanya power supply true power lebih berat di bandingkan dengan non true, serta memiliki konektor 6 pin yang di gunakan untuk vga eksternal.

Berikut akan saya jelaskan beberapa  tips dalam memilih power supply komputer

1. Anda seorang gamers ?
Jika benar, maka power supply true power dengan daya minimal 550 watt menjadi hal yang harus anda pikirkan baik - baik. Alasannya perkembangan game komputer semakin hari semakin mencengangkan dan membutuhkan kartu grafis yang mumpuni. Rata - rata kartu grafis baru yang bermunculan pada tahun 2013 ini membutuhkan daya minimal 550watt dan konektor 6 pin.

2. Sertifikat 80 Plus Bronze / Silver / Gold / Platinum
Seringkali kita melihat angka 80 plus yang terpampang nyata pada power supply. Anda sangat disarankan untuk membeli power supply yang bersertifikat 80 plus, karena power supply tersebut memiliki tingkat efisiensi minimal 80% pada hampir semua tingkat beban daya, baik 20%, 50% maupun 100%

3. Harga
Harga power supply di pasaran memang bervariasi mulai dari 100ribu untuk power supply non true power hingga jutaan rupiah untuk yang true power. Sekali lagi jangan tergiur dengan iming - iming harga yang murah, karena terkadang tidak sesuai dengan performa yang di dapatkan, dan dapat menimbulkan kerusakan pada hardware yang lainnya.

4. Merk
Bingung memilih merk power supply karena saking banyaknya ? sangat direkomendasikan untuk menggunakan power supply seasonic, corsair, enermax, muscle power yang telah terbukti performanya.

Membeli Power Supply Bekas ?
Dana yang terbatas terkadang membuat seseorang untuk membeli power supply bekas, sangat disarankan untuk anda lebih memilih power supply bekas yang masih bergaransi, dan kita jangan pernah membeli power supply bekas yang berbau kabel terbakar walaupun harganya murah.
Share on :