Social Icons

Saturday, August 9, 2014

Menginap di Hotel? Waspadai 4 Hal Ini


Ketika dalam perjalanan dan harus menginap di hotel, pihak hotel tentu akan menjamu kita selayaknya di rumah sendiri. Namun, bahkan untuk hotel mewah dengan pelayanan istimewa pun jarang yang sehigienis dan seaman ketika tinggal di rumah sendiri.
Nah, inilah beberapa hal yang harus kita waspadai saat menginap di hotel.

Lubang intip di pintu kamar

"Cek lubang intip pintu di kamar hotel. Jika rusak atau ada tanda-tanda seperti dicongkel, bertanyalah ke pihak hotel untuk pindah kamar," kata Michael Forrest Jones, CEO Bechmont Hotel di Winston-Salem, North Carolina, AS. Lubang intip ini seharusnya memberikan pandangan yang jelas dari dalam kamar ke luar kamar. Tanda-tanda dicongkel bisa jadi lubang intip sudah diganti menjadi lubang kamera: sebuah lensa pembalik yang membuat orang luar bisa mengintip kondisi dalam ruangan. Untuk amannya, tutup saja lubang intip ini dengan kertas.

Tambahan, jika seseorang mengetuk pintu dan tidak terlihat dari lubang intip ini, jangan buka pintu. Panggil bagian fornt desk segera.

Jauhi mesin pembuat kopi

Tidak bisa memulai hari dengan secangkir kopi? Jauhi mesin kopi di kamar dan pergilah ke warung kopi setempat.

"Sepertinya bersih, tapi siapa bisa menjamin bagaimana tamu sebelumnya menggunakan mesin itu? Pikirkan soal muntahan, puntung rokok, atau krayon," kata Ken Lim, bekas manajer hotel di Chicago, Illinois, AS soal mesin pembuat kopi ini.

Gelas kumur yang ada di kaman mandi juga perlu diwaspadai. "Gelas itu tidak sebersih yang Anda kira," kata Ken lagi. Paling-paling karyawan hotel hanya mengelapnya atau merendam di dalam air bersih. Jadi, cucilah sekali lagi dengan sabun dan air untuk membuatnya benar-benar bersih.

Lantai kamar mandi, bukan rak bagasi, tempat paling aman untuk tas Anda

Tempat yang aman untuk membongkar tas atau ransel Anda bukan tempat yang semestinya. Lupakan rak kayu yang biasanya terletak tak jauh dari lemari pakaian.

"Setelah mengecek lantai kamar mandi untuk melihat apakah bersih, bukalah tas Anda di sana. Itu tempat aman. Kutu busuk suka dengan kayu," kata Jones.

Jika rak terbuat dari besi tak masalah karena kutu bsuk tak bisa hidup di permukaan logam.

Benda apa paling terkontaminasi di kamar hotel?

Benda itu paling sering dipakai tamu hotel. Ini artinya apa? Paling terkontaminasi! Ya, remote TV bisa jadi merupakan benda paling kotor di kamar hotel. Sudah dijamah oleh tamu tak terkira banyaknya, dan jarang dibersihkan oleh karyawan.

Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Houston, AS, tahun 2012 menemukan bahwa remote TV ini sama joroknya dengan toilet. Hal yang sama juga berlaku untuk saklar lampu di samping tempat tidur.

Sebelum memegangnya, bersihkan dengan tisu atau semprot antibakteri.

Semoga Anda menyadari hal-hal tadi dan selalu sedia tisu atau semprotan antibakteri.

Share on :

No comments:

Post a Comment