Social Icons

Thursday, August 8, 2013

10 Negara Memiliki Koneksi Internet Tercepat



Kebutuhan akan internet saat ini semakin pesat. Tak hanya kota besar saja yang membutuhkan internet. Kini dunia maya ini sudah menjadi bagian dari hidup yang tidak bisa dipisahkan dari orang modern yang serbadigital.

Tak hanya negara maju saja yang berlomba-lomba menikmati seisi dunia ini tanpa harus pergi ke mana-mana. Namun negara berkembang juga telah pesat menggunakan layanan yang dapat diakses secara mobile ini.

Internet memang sudah mencandu di kalangan orang yang ingin membutuhkan informasi yang serbacepat ini. Suatu peristiwa bisa diketahui di negara lain hanya hitungan detik saja.

Bahkan bisa secara langsung dapat dinikmati di ratusan negara yang berbeda secara bersamaan. Ini membuat tak ada jarak yang berarti antarnegara.

Kecepatan koneksi internet di berbagai negara diukur dengan rata-rata kecepatan koneksi puncak. Ini merupakan rata-rata dari semua kecepatan koneksi diukur dari semua alamat IP (internet protocol) yang terdaftar di wilayah tertentu. Negara yang berbeda memiliki kapasitas yang berbeda dalam kabel komunikasi dan meliputi serat kecepatan tinggi.

Berikut adalah daftar 10 negara dengan koneksi internet tercepat di dunia:

10. Singapura (30.7 Mbps)

Negara ini dianggap sebagai salah satu pusat teknologi terkaya di seluruh dunia dan menawarkan kecepatan internet tertinggi 30,7 Mbps (megabit per detik) yang hampir dua kali rata-rata kecepatan internet global puncak.

Di Singapura terdapat enam penyedia layanan internet dengan lebih dari 300 ribu pengguna broadband. Ini kecepatan internet cepat yang ditopang oleh jaringan serat optik kecepatan ultra tinggi yang diluncurkan pada 2010.

9. Israel (30.9 Mbps)

Israel yang merupakan negara Timur Tengah memiliki koneksi internet puncak 30,9 Mbps. Israel adalah di antara beberapa negara yang telah mengembangkan kemampuan broadband yang mampu mencapai maksimal 95% dari seluruh penduduknya.

Di negara ini, internet disediakan melalui infrastruktur kabel dan telepon oleh dua perusahaan besar dalam komunikasi, HOT dan Bezeq.

8. Bulgaria (32.1 Mbps)

Bulgaria memiliki tingkat broadband 32,1 Mbps yang membuatnya menjadi negara dengan koneksi internet tertinggi di dunia.

Di negara ini, sekitar 50% dari pengguna internet menggunakan jaringan area lokal. Asymmetric digital subscriber line yang diperkenalkan di Bulgaria bersamaan dengan liberalisasi pasar telekomunikasi yang meningkatkan transmisi data.

7. Swiss (32,4 Mbps)

Negara ini memiliki tingkat penetrasi broadband dan internet tertinggi di benua itu. Saat ini menawarkan tingkat koneksi internet puncak 32,4 Mbps.

ADSL dan VDSL sangat populer di negeri ini, tetapi kebanyakan bisnis bergantung pada koneksi satelit dan xDSL karena ini adalah sangat terjangkau.

6. Belgia (32.7 Mbps)

Pada 1999 ketika ADSL pertama kali diperkenalkan di negeri ini, koneksi internet tercepat rata-rata meningkat menjadi 32,7 Mbps.

Hal ini membuat untuk menjadi salah satu negara dengan koneksi internet tercepat di dunia dengan kecepatan download antara 5GB dan 500GB per bulan.

5. Rumania (37,4 Mbps)

Rumania ternyata masuk sebagai negara yang punya koneksi internet supercepat untuk memanjakan warganya dengan kecepatan puncak rata-rata mencapai 37,4 Mbps.

Kota-kota di Rumania, seperti Bukarest dan Constanta tercatat menikmati akses internet yang termasuk paling cepat di dunia.

4. Latvia (37,5 Mbps)

Saat membicarakan negara dengan teknologi tinggi, Latvia mungkin jarang sekali masuk hitungan. Namun negara kecil di Eropa ini ternyata mampu masuk ke dalam jajaran negara di dunia dengan kecepatan internet paling ngebut, yakni mencapai 37,5 Mbps.

Internet di Latvia memang mengalami masa pertumbuhan pesat sejak tahun 2000-an. Perekonomian negara ini memang belum semaju negara-negara Eropa lainnya, tapi karena dukungan pemerintahnya, Latvia patut diacungi jempol untuk urusan kecepatan koneksi internetnya.

3. Jepang (42,2 Mbps)

Sebagai negara terdepan dalam bidang teknologi, tak heran Jepang juga memiliki jaringan internet supercepat. Kecepatan koneksi puncak internet di negara ini mencapai rata-rata 42,2 Mbps.

Pemerintah Jepang memang sudah sejak lama memprioritaskan pengembangan internet sebagai tujuan nasional. Kabel optik kecepatan tinggi bertebaran di banyak tempat di negara berjuluk Matahari Terbit ini.

2. Korea Selatan (48,8 Mbps)

Negeri Ginseng ini menempati posisi kedua dalam daftar 10 negara di dunia yang memiliki koneksi internet tercepat dengan kecepatan puncak mencapai 48,8 Mbps.

Selain koneksi yang cepat, harganya pun relatif terjangkau. Misalnya untuk berlangganan internet 100 Mbps, pengguna di sana cukup membayar sekitar US$32 atau sekitar Rp320 ribu.

Penduduk negara ini juga dikenal sangat gandrung bermain game online dan koneksi internet supercepat ini pun berhasil memanjakan aktivitas mereka.

1. Hong Kong (54,1 Mbps)

Dengan dukungan penuh dari pemerintah otoritas, koneksi internet di Hong Kong menjadi yang tercepat di dunia, yakni mencapai kecepatan puncak rata-rata 54,1 Mbps. Sebagai ilustrasi, hanya dibutuhkan waktu hanya sekitar empat menit untuk mengunduh satu film penuh.

Berbeda dengan negara induknya yakni China yang terkenal sangat ketat meregulasi internet, di Hong Kong tidak ada konten yang diblokir dan tidak ada lisensi yang diperlukan bagi para pengguna untuk mengoperasikan internet.


Share on :

No comments:

Post a Comment