Social Icons

Sunday, July 7, 2013

Pencipta "Tikus" Wafat di Usia 88



Douglas Engelbart, tokoh yang merevolusi dunia komputer dengan menciptakan mouse atau tikus, wafat di California, Amerika Serikat, Selasa pada usia 88 tahun.

Lahir di Oregon, AS, Engelbart mempelajari teknik kelistrikan dan ilmu komputer pada 1950an, sebelum dia bergabung di Stanford Research Institute. 

Di sana dia dan timnya mengerjakan sejumlah konsep yang besar dunia komputer seperti email, konfrensi video, tautan hypertext, dan ARPAnet.

Tetapi adalah penemuan mouse yang membuat namanya terkenal. Ia pada awalnya menciptakan mouse yang terbuat dari sebuah kota kayu dan dua buah roda logam. Benda yang kemudian sangat populer di dunia itu dipatenkan pada 1970.

Dia menggunakan mouse itu di hadapan publik dalam sebuah konfrensi video di San Francisco, AS. Ketika itu sekitar 1000 orang menyaksikan dia menggunakan mouse untuk pertama kali dan peristiwa itu hingga kini dikenal dengan nama "the mother of all demos".

Engelbart mengoleksi 21 paten atas namanya. Pada tahun 2000 dia dianugerahi medali nasional di bidang teknologi, sebuah penghormatan tertinggi dari industri teknologi di AS.

Share on :

No comments:

Post a Comment