Social Icons

Sunday, July 7, 2013

Menuangkan Saos dari Botol Tidak Akan Sulit Lagi


Perasaan "geregetan" atau bahkan gusar saat menuangkan saos yang terlalu kental dari dalam botol, ke depan mungkin tak akan pernah dirasakan lagi. Ya, soalnya kini sejumlah ilmuwan telah menemukan sebuah bahan anti-lengket yang bisa memperlancar mengalirnya saos.

Bahan pelumas dimaksud diberi nama Liquiglide. Disebutkan, dengan mengolesi sedikit (tipis) saja bahan tanpa rasa tersebut ke dalam botol, bisa membuat permukaan dalam botol menjadi licin dan isinya pun tinggal dituangkan dengan mudah.

Pelumas tanpa bahan berbahaya ini dikatakan bisa dipergunakan pada botol kaca maupun plastik. Pengguna bahkan disebut tidak hanya akan merasakan kegunaannya pada saos, namun juga terhadap bahan makanan sejenis lain seperti mustard atau mayonnaise.

Temuan ini didaftarkan dalam wujud Liquiglide Ketchup Bottle, yang sejak bulan lalu diikutsertakan dalam ajang "Designs of the Year 2013" di Museum Desain, AS. Penemuan yang dibuat oleh sekelompok insinyur di Massachusetts Institute of Technology ini bahkan telah terpilih sebagai favorit ketiga dalam pemilihan yang melibatkan pengunjung museum/ekspo.

Menurut para penemu pula, setiap tahunnya secara global, diperkirakan sebanyak 1 juta ton sisa saos dan sejenisnya harus dibuang, terutama karena tidak bisa dibersihkan dan dimanfaatkan lagi. Disebutkan pula bahwa sisa isi botol bahan makanan itu bahkan biasanya bisa mencapai 15 persen.

Menariknya lagi, tidak saja terhadap saos dan sejenisnya, bahan ini ternyata juga berguna untuk minuman bersoda maupun bir. Tepatnya, bahan pelumas tersebut dikatakan bisa menunda hilangnya rasa soda (atau rasa khas bir) dari minuman yang tergeletak cukup lama.

Jelasnya disebutkan, dengan permukaan kaleng atau gelas yang dibuat lebih halus oleh pelumas tersebut, maka pelepasan gelembung-gelembung karbondioksida dari minuman akan diperlambat. Hal ini pada akhirnya pun akan membuat elemen soda atau buih pada minuman tersebut bertahan lebih lama.

Hanya saja, karena merupakan temuan baru, produk ini maupun turunannya saat ini belum diproduksi, apalagi beredar di pasaran. Namun diperkirakan pada tahun depan sudah akan bisa ditemukan di supermarket.

Share on :

No comments:

Post a Comment