Social Icons

Saturday, July 20, 2013

Mengenal Beragam Kurma Di Dunia



Hampir semua orang suka kurma dan selalu menjadi menu wajib di saat bulan Ramadan. 
Kurma yang menjadi makanan populer di Timur Tengah sejak ribuan tahun lalu hingga kini memiliki beragam macam jenis.

Mau tahu kurma jenis apa saja yang terkenal di dunia lihat berikut ini: 

Kurma Ajwa
Kurma Ajwa hanya tumbuh di tanah Medinah, ia terkenal dengan julukan kurma nabi, karena merupakan kurma favorit nabi Muhammad SAW. Ajwa berbentuk mungil, memiliki tekstur kulit yang halus dan cenderung bulat,berwarna hitam dengan rasa daging yang tidak terlalu manis, dagingnya tebal dan agak kering.

Kurma Sukkari
Kurma sukari berbentuk kerucut dan berkerut dengan kulit berwarna kuning dan dagingnya tidak terlalu manis, ada jenis sukari kering yang agak keras dan sukari lembut. Dinamai dari bahasa Arab, yang artinya adalah "manis", kurma Sukkari juga dikenal sebagai kurma Raja.

Kurma Amir Haji atau Amer Hajj
Kurma yang satu ini berasal dari Irak. Kulit dan dagingnya sangat lembut dan tebal. Kurma Amer Hajj juga sering dikenal sebagai "welcome kurma" karena pada umumnya dihidangkan untuk menyambut tamu.

Kurma Deglet Noor
Seperti namanya, "Noor", kurma ini warnanya kuning keemasan hampir seperti sinar matahari. Kurma ini adalah varietas unggul dan sangat terkenal di Libya, Algeria, Amerika dan Tunisia. Umumnya, ia tidak terlalu kering dan rasanya juga tak terlalu manis.

Kurma Anbar
Kurma Anbar berbentuk panjang dan oval, kulitnya berwarna coklat kegelapan dengan daging yang terasa lembut ,rasanya legit dengan manis sedang.

Kurma Safawi
Kurma Safawi berwana gelap, berbentuk oval dengan kulit berkerut seperti kurma ajwa, hanya saja safawi ukurannya lebih besar dan rasanya manis dan kenyal. Biasa tumbuh di kota Madinah.

Kurma Holwah atau Halawi
Dalam bahasa Arab, Holwah artinya manis. Seperti namanya, kurma ini memang rasanya sangat manis. Dan rasa manisnya melebihi kurma-kurma pada umumnya. Kurma Halawi ukurannya beragam ada yang kecil hingga sedang.

Kurma Majdool
Kurma Majdool umumnya dikenal sebagai kurma California, kurma Majdool berbentuk besar lonjong, dagingnya tebal dan kenyal,warna coklat muda, rasanya manis, legit dan empuk.

Kurma Burhi
Kurma Burhi berwarna cokelat terang dan warna kulitnya berubah semakin gelap saat buahnya masak. Dagingnya lembut, tebal dan rasanya manis asam beragam.

Kurma Khidri
Kurma Khidri warnanya maron gelap, lebih kering, kenyal, tidak terlalu manis dan paling banyak diproduksi. Biasa digunakan bahan dasar olahan kurma, mulai dari kurma isi almond, orange, hingga campuran cokelat.

Kurma Khalas
Kurma Khalas berwarna cokelat terang keemasan, ada citarasa coffee caramel, tekstur dagingnya lebih empuk, rasanya juga tidak terlalu manis.

Kurma Sekki
Kurma Sekki ada dua warna, atas kekuning-kuningan sedang bawah kecokelatan, bagian yang kuning kalau dimakan lebih keras, namun untuk yang berwarna kecokelatan biasanya rasanya empuk. Kurma ini memiliki tingkat kemanisan yang sedang.

Kurma Khadrawy
Dalam bahasa Arab, Khadrawy artinya hijau. Dinamakan Khadrawy karena ditanam di wilayah yang subur dan hijau. Sedangkan buah kurmanya sendiri berwarna hitam pekat.

Kurma Maktoom
Kurma Maktoom ukurannya besar, warnanya sedikit hitam kemerahan, daging buahnya sangat tebal dan lembut, kenyal dan  tidak terlalu manis.

Kurma Khalasah
Kurma ini adalah salah satu kurma yang paling populer di Saudi Arabia. Manisnya kurma ini sangat khas, tidak terlalu manis dan lezat di lidah.

Kurma Silaj
Kurma Silaj berwarna cokelat kemerahan bentuknya lonjong, tekstur lembut dan rasa manisnya sedang.

Kurma Mozafati
Kurma yang dikembangkan di daerah Mozafati ini warnanya gelap, lembut dan ukurannya sedang. Kurma jenis ini usia simpannya tahan lama, sehingga tak harus habis sekali makan. Bila disimpan di suhu -5 derajat celcius, kurma ini bisa bertahan hingga 2 tahun lho.

Kurma Saidy
Kurma Saidy adalah kurma yang populer di daerah Libya. Daging buahnya sangat lembut dan rasanya manis.

Kurma Thoory atau Thuri
Kurma yang daging buahnya agak kering ini sangat populer di Algeria. Warnanya sedikit cokelat kemerahan, kulitnya kering keriput. Terkadang saking keriput kulitnya jadi agak keras. Namun, rasanya manis dan hampir mirip dengan kacang.

Kurma Umelkhashab
Berasal dari Saudi Arabia. Rasanya unik, karena ada kombinasi manis dan pahitnya. Warnanya juga agak berbeda dari yang lain, sedikit kemerahan.

Kurma Zaghloul
Kurma yang satu ini bentuknya panjang dan agak lonjong. Warnanya merah gelap dan sangat manis. Istimewanya, rasa manis dari kurma ini masih melekat di lidah. Kurma ini termasuk varietas kurma yang eksklusif dan harganya mahal di Mesir. Bahkan, hanya orang-orang tertentu saja yang mengonsumsinya. 

Share on :

No comments:

Post a Comment