Social Icons

Tuesday, June 18, 2013

Review: Menjajal Kecanggihan Samsung Galaxy S4



Kali ini mimin akan coba bagikan yang mimin baca tentang review  jagoan utama Samsung di kelas smartphone high-end, Galaxy S4. Yang paling menarik perhatian dari Galaxy S4 tentunya adalah kehadiran prosesor Octa-core.

Seperti apa kecanggihannya? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Desain
Meski terbilang tak ada perubahan berarti dan tak ada sesuatu yang spesial, desain Galaxy S4 tetap enak dilihat dan digenggam.

Masih berkutat dengan material plastik, Samsung seakan lebih mementingkan sisi hardware dan fitur lainnya ketimbang harus beralih ke bahan premium.

Sudut-sudut halus masih menjadi sajian utama dengan frame berwarna silver yang memberi kesan mewah.

Di bagian depan jelas terpajang layar sentuh dengan hiasan speaker dan logo Samsung di bagian atas. Di bawah layar ada tombol fisik untuk Home dan dua softkey di kiri dan kanannya.

Bagian bawah ponsel hanya diisi port microUSB untuk charging, sedangkan di atas hanya ada audio jack 3.5mm. Di sisi sebelah kiri ada tombol pengaturan volume dan di sisi satunya ada tombol power plus lock/unlock.

Yang pasti ada di bagian belakang adalah kamera utama lengkap dengan lampu flash. Di bawahnya ada logo Samsung yang 'terpahat' cantik dan speaker.

Tak seperti HTC One ataupun Xperia Z, body Galaxy S4 bisa dengan mudah dibongkar. Ini sedikit menguntungkan karena memudahkan pengguna untuk mengganti baterai sesuai keinginannya.


Layar
Samsung menggunakan layar berukuran 5 inci Full HD 1080x1920 Super AMOLED dengan 441 ppi. Untuk proteksi, sang produsen asal Korea Selatan tak lupa melapisinya denan Corning Gorilla Glass 3.

Layar sebesar ini jelas lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam hal apapun. Browsing, menonton video, mengetik, edit foto, hingga bermain game akan terasa nyaman karena ketajaman dan kontras warnanya yang cukup baik.


Sistem Operasi
Sesuai dengan seri Galaxy lainnya, Galaxy S4 menggunakan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean dengan embel-embel user interface TouchWiz.


Kamera
Bersenjatakan kamera utama 13 megapixel, Samsung jelas tak mau kalah dengan para pesaingnya di segmen high-end. Fitur pendukung seperti autofocus, LED flash, ataupun check quality telah tersedia.

Kamera Galaxy S4 juga memiliki fitur Dual Shot, touch focus, face and smile detection, image stabilization, dan HDR. Ini menjadikan gambar yang dihasilkan terbilang bagus untuk ukuran fotografi mobile.

Kondisi cahaya yang baik atau kurang tak menghalanginya memberikan kualitas gambar terbaik. Ghiboo sendiri sempat mengabadikan beberapa momen di malam hari. Dan hasilnya, cukup lumayan meski belum mampu lebih terang dari HTC One.

Beberapa hasil foto baik indoor, outdoor, siang hari, atau malam hari bisa dilihat di Gallery Foto Ghiboo pada tautan berikut ini.

Perlu dicatat bahwa Galaxy S4 pun punya kamera depan 2 megapixel yang cocok digunakan baik untuk narsis maupun video call.


Hardware dan Konektivitas
Ini yang jadi salah satu pembeda Galaxy S4 dengan beberapa 'musuhnya' di kelas yang sama, prosesor Exynos 5 Octa-core!

Meski disebut-sebut punya 8-core, pada prinsipnya prosesor ini merupakan dua buah prosesor quad-core, yakni 1.6GHz Cortex-A15 dab 1.2GHz Cortex-A7. Keduanya baru bekerja secara simultan apabila dibutuhkan. Hasilnya, performa yang disuguhkan memang luar biasa.

Selain prosesor, Galaxy S4 juga dibekali GPU PowerVR SGX 544MP3, RAM 2GB, emmorin internal 16-64GB, slot microSD up to 64GB, Wi-Fi, DLNA, Wi-Fi Direct, Bluetooth, NFC, dan yang lainnya.


Fitur Unggulan
Galaxy S4 menawarkan berbagai fitur unggulan yang cukup unik dan menjadi pembeda dengan smartphone kelas high-end lainnya. Sebut saja Dual-Shot.

Galaxy S4 yang dilengkapi kamera 13 MP mampu mengabadikan gambar dengan kualitas tinggi. Namun terkadang mengabadikan foto tak lengkap tanpa mengikutsertakan si pengambil foto. Oleh karena itu, aplikasi seperti Dual Shot memungkinkan pengambil gambar ikut terabadikan dalam satu foto. 

Ada pula Eraser yang mampu menghapus gambar yang tidak diinginkan dalam sebuah foto. Hal ini sangat membantu, apabila seseorang ingin mengabadikan gambar tanpa terdapat gangguan objek lain, seperti orang yang berlalu-lalang dibelakang objek.

Untuk mengetahui lebih lengkap soal fitur-fitur unggulan di Galaxy S4, langsung saja menuju tautan berikut ini.

Performa dan Benchmark
Apalah artinya prosesor octa-core dan berbagai hardware canggih lainnya jika performanya mengecewakan? Jelas, Galaxy S4 layak disebut salah satu smartphone dengan performa terbaik yang pernah dibuat di dunia.

Tugas apapun yang diperintahkan padanya bisa dijalankan dengan sangat baik dan tanpa masalah. Aplikasi dan games, video HD, browsing, streaming content, dan sebagainya terlihat sangat memuaskan.

Pengujian menggunakan AnTuTu benchmark menghasilkan skor 27767. Cukup jauh unggul dari HTC One, Sony Xperia Z, Google Nexus 4, dan Galaxy Note 2. Sementara saat diuji dengan  software Quadrant Standard, Galaxy S4 mampu berada di posisi teratas dengan nilai 12330.

Bicara baterai, Samsung nampaknya cukup bisa memenuhi keinginan para penggunanya. Terbukti meski Galaxy S4 memakai hardware kelas atas, baterainya mampu bertahan satu hari penuh dengan pemakaian wajar. Jika ingin lebih hemat, atur ulang layar karena bagian ini yang paling menyedot baterai.


Kesimpulan
Sebagai smartphone pertama yang mengusung prosesor octa-core, Samsung Galaxy S4 tampil tak mengecewakan, meski sesungguhnya untuk berbagai fitur maupun aplikasi masa kini belum butuh prosesor semacam itu.

Harganya yang berada di angka 7,5 juta menjadikannya setara dengan para pesaingnya namun dengan fitur yang lebih kaya. Sayang, banyak yang menyebut desain Galaxy S4 tak menarik atau itu-itu saja dan masih mengandalkan bahan plastik.

Selera setiap orang berbeda-beda bukan? Kelebihan dari body Samsung adalah lebih terasa ringan dan pengguna bisa dengan mudah mengganti baterai utama dengan cadangan. Semua kembali pada kebutuhan masing-masing.

Plus:
- Prosesor octa-core
- Kaya fitur menarik
- Performa luar biasa
- Harga bersaing dengan smartphone lain di kelas yang sama

Minus:
- Banyak tanggapan negatif soal body yang masih memakai plastik
- Desain tak banyak berubah dibanding pendahulunya.

Share on :

No comments:

Post a Comment