Social Icons

Friday, April 12, 2013

KakaoTalk Jadi Aplikasi Terpopuler di Indonesia


Layanan pesan instan asal Korea Selatan, KakaoTalk, menjadi yang terpopuler diunduh di Google Play Indonesia dan Apple App Store Indonesia.

Setelah menjadi layanan pesan instan gratis terfavorit di Korea Selatan, KakaoTalk juga berhasil menjadi aplikasi mobile messenger yang paling digemari di Indonesia.

Dilansir TechInAsia, saat ini KakaoTalk tercatat sebagai aplikasi gratis nomor satu di Google Play Indonesia dan nomor dua di Apple App Store Indonesia.

Pendekatan KakaoTalk kepada pengguna perangkat mobile di Indonesia dilakukan melalui kerja sama dengan sejumlah mitra lokal untuk menambah konten Indonesia dalam produksi emotikon khusus yang melibatkan seniman digital dan artis lokal.

KakaoTalk juga berkolaborasi dengan sejumlah operator guna menyediakan paket data yang terjangkau dan mengoptimalkan produk untuk jaringan berkecepatan rendah di Indonesia.
Untuk menampilkan perpaduan unik antara Korea dan cita rasa Indonesia, KakaoTalk merangkul penyanyi Indonesia Sherina Munaf dan boyband Korea Selatan BIG BANG sebagaibrand ambassador dengan membintangi sebuah iklan komersial (TVC).

Selama periode 29 Maret hingga 8 April 2013, KakaoTalk mengalami pertumbuhan sebesar 3.000% dengan tambahan 120 ribu pengguna terdaftar setiap hari. Pertumbuhan yang signifikan ini diklaim sebagai kesuksesan strategi perusahaan yang menawarkan pada para penggunanya fitur-fitur messaging terbaik yang telah terbukti di pasar Korea Selatan disertai konten lokal Indonesia yang kuat.

“Kami merasa senang karena Indonesia menggemari KakaoTalk. Kehadiran layanan ini di Indonesia bertujuan untuk membangun sebuah platform mobile nomor satu seperti yang berhasil kami lakukan di Korea Selatan,” ujar VP Global Business Development Kakao Corp Kate Sohn, dalam keterangan resminya, Rabu (10/4).

“Kami akan terus melakukan inovasi produk dan bekerja secara dekat dengan mitra-mitra dan komunitas-komunitas lokal untuk menciptakan ekosistem mobile yang saling menguntungkan,” lanjut Sohn.

Pertama kali diperkenalkan pada 2010 di negara asalnya, Korea Selatan, KakaoTalk merupakan aplikasi mobile messenger gratis yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan dan panggilan tak terbatas keseluruh dunia.

Fitur utamanya meliputi group chatting, group call gratis, kupon, game, dan barang-barang digital (emotikon, tema). Tersedia dalam 13 bahasa yang berbeda, KakaoTalk bisa diunduh oleh berbagai perangkat mobile berbasis Android, iOS, BlackBerry, Windows OS dan Bada.


Share on :