Social Icons

Wednesday, October 15, 2014

10 Fakta Unik dan Menarik dari Mark Zuckerberg


Tidak ada yang tak mengenal sosok Mark Zuckerberg. Kehadiran Mark Zuckerberg di Jakarta hari ini (13/10) mengundang banyak perhatian. Tapi apa saja fakta menarik dari dirinya?

Mark Elliot Zuckerberg, demikian nama lengkapnya. Pria AS keturunan Yahudi yang lahir di New York, 14 Mei 1984 ini dikenal sebagai seorang milyuner muda berkat jejaring sosial Facebook yang ia bangun 10 tahun lalu.

Tapi di balik seluruh kekayaan dan kesuksesannya itu, Zuckerberg dikenal sebagai konglomerat yang gemar menjalani hidup sederhana. Dalam berkegiatan sehari-hari, suami dari Priscilla Chan ini selalu mengenakan t-shirt lengan pendek atau sweaterabu-abu.

Kehidupannya yang berbeda dari banyak pengusaha muda kaya raya lainnya itu membuat sosok Zuckerberg semakin menarik untuk disimak.

Buta Warna

Mark Zuckerberg adalah seorang penderita buta warna. Ia tidak dapat melihat warna merah dan hijau dengan jelas.

Dalam wawancara dengan New Yorker pada 2010, Zuckerberg mengatakan, "Biru adalah warna paling jelas bagiku. Aku bisa melihat semua jenis warna biru."

Hal ini mungkin dapat menjelaskan mengapa ia memilih warna biru sebagai warna utama Facebook.

Kartu Nama Rada Gila


Pada kartu nama Mark Zuckerberg tertulis "I am CEO, B*tch".

Entah apa yang dipikirkannya. Namun dari hal itu bisa terlihat sisi ego Zuckerberg yang selama ini tidak diketahui banyak orang.

Pakai Mobil Biasa

Pendiri Facebook ini ternyata tidak suka mobil mewah seperti Ferrari, Lamborghini, Porsche, Rolls-Royce, atau Bugatti.

Mengutip InAutoNews, Zuckerberg malah memilih Volkswagen Golf GTI keluaran 2013 seharga US$40 ribu sebagai kendaraannya sehari-hari.

Sebelumnya, ia juga menggunakan mobil tidak masuk kategori mewah, yaitu Acura TSX dan Honda Fit yang dikenal di Indonesia dengan nama Honda Jazz.

Merancang sendiri cincin kawinnya


Saat menikah dengan seorang perempuan keturunan Tionghoa bernama Priscilla Chan pada 2012, Zuckerberg memberikan cincin kawin yang ia rancang sendiri.

Tidak bertahtakan berlian yang berharga mahal, cincin kawin ini justru dihiasi oleh batu rubi merah.

Meski dikritik oleh pengamat fesyen, namun Priscilla Chan tampak bangga dan kerap memamerkan cincin itu kepada publik dalam setiap kesempatan.

Drop out kuliah karena meretas

Zuckerberg pernah didakwa berdasarkan UU California sebagai seorang peretas yang menyusup ke dalam sistem komputasi server Universitas Harvard.

Dan akibat perbuatanya itu, ia pun harus rela dikeluarkan dari kampusnya.

Pernah menawar Microsoft seharga US$240

Facebook pernah ingin dibeli Microsoft seharga US$15 miliar. Namun Zuckerberg tidak tertarik uang sebesar itu.

Seakan mengejek Microsoft, ia justru balik menawar Microsoft dengan harga hanya US$240.

Sangat mencintai anjing peliharaanya


Zuckerberg memiliki anjing peliharaan bernama Puli. Ia dan istrinya sangat menyintai anjing berjenis Hungarian Sheepdog ini.

Saking cintanya, Zuckerberg pun membuatkan Facebook fanpage bagi Puli dengan nama akun 'Beast'.

Hingga artikel ini ditulis, Facebook Puli memiliki 2.006.013 penggemar.

Pernah jadi atlet anggar

Saat masih duduk di bangku SMA, Zuckerberg pernah bergabung ke tim anggar sekolahnya.

Tak hanya bermain, ia pun pernah terpilih sebagai pemain terbaik atau Most Valuable Player (MPV) di tim anggar sekolahnya itu.

Vegetarian yang menyukai McDonalds


Zuckerberg mengaku sebagai seorang vegetarian. Dalam wawancara ia pernah mengatakan dirinya hanya akan makan daging jika ia sendiri yang membunuh hewan itu.

Tapi kenyataannya, Zuckerberg tidak pernah sekali pun membunuh binatang.

Meski vegetarian, lucunya di Facebook ia malah memberi 'like' kepada fanpage McDonald's dan In-N-Out Burger, dua restoran yang menyajikan daging sebagai menu utamanya.

Ia pun pernah tertangkap kamera sedang duduk santai bersama istrinya sambil menikmati makanan yang dibeli dari McDonald's.

Punya banyak nama panggilan

Teman-teman dekatnya memanggil dirinya dengan nama 'Zuck'. Ibunya pun mempunyai nama panggilan spesial untuk Zuckerberg, yakni 'Princely'.

CNN juga pernah melaporkan, saat masih kuliah di Harvard, Zuckerberg disapa oleh kawan-kawannya dengan nama 'Slayer'.

Share on :

No comments:

Post a Comment