Social Icons

Saturday, January 18, 2014

Hati-hati Bermain Laser Pointer


Berhati-hatilah terhadap lampu pointer yang mengandung laser dan dijual bebas ataupun dibeli di toko online. Menurut dokter mata dari Fakultas Kedokteran Duke University, Durham, Carolina Utara, lampu pointer mengandung paparan laser tingkat tinggi yang dapat menyebabkan kebutaan.

“Seorang bocah berusia sembilan tahun dilarikan ke rumah sakit setelah bermain pointer. Saat ia datang ke rumah sakit kami tidak melihat tanda-tanda terjadinya luka, tapi pembuluh darah matanya mengalami pendarahan,” kata dokter mata Cynthia Toth seperti dilaporkan Reuters, Selasa, 14 Januari 2014.

Paparan radiasi laser dari lampu pointer dapat merusak mata karena bisa menembus dan membakar pembuluh darah mata. Padahal, jenis lampu laser seperti ini banyak dipakai sebagai komponen dalam sejumlah mainan anak. “Anda dapat menciptakan kebakaran dari mainan itu,” ujar Cynthia Toth.

Selain digunakan pada mainan anak, laser berdaya tinggi juga menjadi salah satu komponen yang digunakan dalam proyektor home theatre. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA), laser berkekuatan tinggi juga terkandung dalam beberapa barang yang menggunakan kinerja elektromagnetik.

Laser dimanfaatkan untuk menciptakan proses radiasi target yang digunakan pada alat pemutar musik, printer, dan alat operasi mata. Karena itu, FDA mengatur penggunaan laser dan beberapa alat yang mengandung radiasi elektronik ke dalam beberapa tingkat kelas dan subkelas.

Berdasarkan regulasi FDA, kekuatan laser yang masih aman untuk mata berada pada kekuatan 5 miliwatt (mW) atau berada di kelas 3a. Batas kekuatan ini pula yang seharusnya digunakan pada lampu laser pointer. [tempo]

Share on :

No comments:

Post a Comment