Social Icons

Thursday, September 19, 2013

Ditemukan Material yang Sembuhkan Diri Sendiri


Pernah terbayang ban kendaraan yang bocor tiba-tiba dapat tertambal dengan sendirnya? Pastinya hal tersebut akan sangat menyenangkan bukan?
Sekelompok ilmuwan di Spanyol yang tergabung dalam CIDETEC Center of Electrochemical Technologies berhasil menciptakan material polimer (bahan pembuat plastik) yang dapat menyembuhkan diri.

Menurut laporan jurnal Materials Horizon, material polimer tersebut dapat menyatu sendiri setelah dipotong dan ditempelkan tanpa bahan perekat pada suhu ruangan.

Material ini pun diberi nama "Terminator" karena mirip dengan robot T-100 yang dapat membelah dan menyatukan diri sendiri.

Terminator ini butuh 2 jam untuk kembali seperti semula dalam suhu ruang, dan dapat direnggangkan tanpa terjadi robekan seperti dilansir dari CBSnews.com, Rabu (17/09).

Sebenarnya teknologi sudah pernah diciptakan pada tahun 2011 oleh Universitas Case Western Reserve di Amerika Serikat. Hanya saja material ciptaan universitas ini memerlukan sinar UV untuk dapat memulai proses penyembuhan diri.



Share on :

No comments:

Post a Comment