Social Icons

Tuesday, July 2, 2013

Yahoo Tutup AltaVista, Pelopor Teknologi Mesin Pencari


Yahoo memutuskan untuk menutup mesin pencari AltaVista pada 8 Juli mendatang. AltaVista adalah salah satu pelopor teknologi mesin pencari dan sangat populer sebelum Google lahir.

Yahoo membeli teknologi AltaVista, nama, dan teknologi indeks-nya ketika membeli perusahaan iklan online, Overture, pada 2003. Setelah dimatikan nanti, semua orang yang mengakses AltaVista akan langsung dialihkan ke laman mesin pencari Yahoo.

AltaVista diluncurkan pada 1995 ketika sebagian besar mesin pencari lain masih tampil seadanya. Altavista menjadi sangat populer ketika mampu menyusun sekitar 20 juta laman website, jauh lebih banyak ketimbang para pesaingnya pada saat itu.

Ketika itu AltaVista sudah mampu mengembangkan teknologi "crawler"-nya sendiri yang bisa menemukan berbagai laman website, mencatat isi web-web itu, dan menggunakan sebuah komputer yang sangat cepat untuk mengeluarkan hasil pencarian dengan segera.

Perpaduan itu membuat AltaVista salah satu tujuang paling populer bagi para pengguna internet sampai tahun 2001, ketika Google mulai melewatinya.

Peranti lunak yang digunakan AltaVista diciptakan oleh ilmuwan komputer AS, Paul Flaherty dan Louis Monier, serta ilmuwan Inggris, Michael Burrows. Mereka membuat peranti itu ketika sedang bekerja di lab riset DEC (Digital Equipment Corporation).

Pada 1998 DEC dibeli oleh produsen komputer, Compaq. Itulah titik ketika AltaVista mulai mengalami kemunduran dan akhirnya dijual pada 1999 pada sebuah perusahaan permodalan ventura yang mengabaikan " dotcom crash" pada 2001.

AltaVista lalu dibeli Overture pada 2003 dan menjadi bagian dari Yahoo ketika perusahaan itu dibeli setahun kemudian.

Share on :

No comments:

Post a Comment