Social Icons

Monday, July 15, 2013

Wi-Fi Aman di Pesawat


Pemerintah Indonesia akhirnya memperbolehkan penggunaan perangkat Wi-Fi di pesawat. Pastinya bukan sembarang pesawat, baru pesawat jenis Boeing 777-300ER milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia saja yang diizinkan. Dengan kapasitas yang dimilikinya, maskapai BUMN itu dianggap layak menerapkan teknologi berbasis gelombang radio tersebut. 

Gatot S. Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, secara tegas mengatakan, tim kominfo yang berjumlah delapan orang telah melakukann pengujian secara seksama, secara intensif, dan tidak ada tekanan dan pesanan dari pihak manapun. Semuanya dilakukan secara profesional karena berkaitan dengan keselamatan para penumpang.

“Semua dilakukan secara profesional, mengingat aspek keselamatan dan keamanan penerbangan harus diutamakan. Layak atau tidaknya, harus segera disampaikan apa adanya,” ujar Gatot.

Meski demikian, ada syarat khusus jika ingin menggunakan Wi-Fi, yaitu ketika pesawat berada di atas ketinggian 10 ribu kaki. Itu artinya, tetap ada larangan saat pesawat lepas landas atau saat mendarat. Pengujian perdana dilakukan awal Juli 2013, untuk penerbangan Jakarta-Jeddah secara komersil.

Adapun pengecekan yang memastikan dibolehkannya Wi-Fi meliputi pengecekan terhadap fisik perangkat, pengukuran sinyal terhadap akses poin, dan base transciever station di GSM 1800. Hasilnya, seluruh perangkat yang diuji berfungsi dengan baik, baik itu untuk pesawat dan keselamatan penumpang.


Share on :

No comments:

Post a Comment