Social Icons

Saturday, June 1, 2013

Bojana Danilovic, Wanita Yang Melihat Segalanya Terbalik



Apa yang dilakukan wanita ini bukan merupakan kemampuannya untuk melihat segalanya dalam keadaan terbalik. 

Tapi justru memang seperti itu dia melihat segala sesuatu, dalam keadaan tidak normal atau terbalik. 

Bojana Danilovic, seorang wanita muda dari Serbia, menderita suatu kondisi aneh yang membuat para dokter serta ilmuwan bingung. Wanita 28 tahun yang merupakan sarjana ekonomi ini melihat segalanya terbalik.

Para ahli dari Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology yang memeriksa Bojana Danilovic mengatakan bahwa Danilovic menderita suatu kondisi otak yang langka yang disebut ‘orientasi fenomena spasial’. 

Dalam istilah awam yang berarti matanya melihat hal-hal dengan cara yang benar, tapi untuk beberapa alasan otaknya mengubahnya terbalik. Meskipun ada beberapa kasus serupa yang tercatat dalam sejarah, namun kasus Danilovic adalah benar-benar unik. 



Segala sesuatu dalam hidupnya berbalik. Bahkan cara dia lahirpun sudah ditemukan gejala tersebut. Orangtuanya ingat bahwa ketika ia pertama kali mulai merangkak, Danilovic  akan selalu bergerak mundur, dan ketika dia mulai berjalan, dia melakukannya secara terbalik. 

Danilovic mengatakan ibunya harus mengambil cuti dari pekerjaannya untuk mengajarinya berjalan seperti semua anak-anak lain. Butuh banyak latihan, tapi ia akhirnya berhasil untuk berjalan ke depan. Inilah awal dari kehidupan yang sangat tidak biasa.

Masalah aneh Bojana berlanjut ketika dia mulai menulis. Dia akan mengubah kertas kosong terbalik, mulai dari pojok kanan bawah dan finis di sudut kiri atas. Guru dan teman sekelas semua mencoba untuk membantunya memperbaiki cara menulisnya , tapi sia-sia, karena cara itu  satu-satunya cara yang masuk akal baginya. 

Kemudian, dia mendapat pekerjaan di pemerintahan kota, di kota asalnya di Uzice, di mana rekan-rekannya yang tersisa terperangah setelah dia menggunakan keyboard terbalik  dan memantau dari komputer-nya terbalik, tapi justru dengan cara itu  dia bisa memahami pekerjaannya. Dia juga  selalu memegang ponsel dan koran terbalik, dan sering ditegur  oleh orang-orang yang mengatakan padanya dia salah membaca.



Kondisi aneh Bojana Danilovic pertama menarik perhatian ilmuwan Amerika beberapa tahun yang lalu. Setelah meneliti dengan beberapa tes, para ilmuwan mengatakan  otaknya benar-benar sehat, namun memiliki medan pandang yang berbeda daripada kebanyakan orang. 

Meskipun mereka belum menjelaskan dengan penjelasan untuk konfigurasi otak yang unik Bojana, mereka kemudian menawarkan membuat software khusus untuk membuat pekerjaannya lebih mudah  sehingga tidak perlu mengubah terbalik monitor sepanjang waktu.

“Ini mungkin terlihat luar biasa bagi orang lain tetapi bagi saya itu benar-benar normal,” kata wartawan lokal Serbia muda. “Saya lahir seperti itu. Itu hanya cara saya melihat dunia ”

Penyesalan terbesarnya hanyalah satu bahwa dia tidak bisa mendapatkan lisensi mengemudi akibat keunikannya.

Share on :

No comments:

Post a Comment