Social Icons

Wednesday, May 22, 2013

Sepuluh Rekor Transfer Termahal Pemain Belanda


Belanda punya sejarah panjang di dunia sepak bola. Beberapa pemain kelas dunia berasal dari sana dan malang melintang di kompetisi liga Eropa.
Rekor transfer termahal saat ini boleh dipegang oleh CR7. Namun, beberapa pemain sepak bola Belanda pernah berada di puncak daftar rekor pada masanya, seperti Johan Cruyff, Ruud Gullit dan Marc Overmars.

Bagi penggemar KNVB atau timnas Belanda, ada kabar baik. KNVB akan bertandang ke Indonesia dan bertanding melawan tim seleksi XI Indonesia pada 7 Juni mendatang.

Dalam rangka menyambut datangnya KNVB ke Indonesia. Kali ini, mimin membuat daftar 10 rekor transfer termahal pemain Belanda.

Siapa saja mereka? Simak daftar berikut ini!

10. Clarence Seedorf 22 juta Euro pada 1999
Dari Real Madrid ke Inter Milan

Pada 24 Desember 1999, Seedorf pindah ke Inter Milan dengan nilai transaksi sebesar 44 milyar Lira Italia atau sekitar 22 juta Euro setelah memperkuat Real Madrid selama 3 tahun.

9. Jerrel Hasselbaink 24 juta Euro pada 2000
Dari Atletico Madrid ke Chelsea

Sekali lagi, Jerrel Hasselbaink atau lebih dikenal dengan Jimmy Floyd Hasselbaink dibeli dari Leeds United dan menetap di Atletico Madrid hanya dalam periode yang singkat satu tahun. Dia kemudian kembali ke Inggris, kali ini dengan Chelsea.

8. Jaap Stam 25 juta Euro pada 2001
Dari Manchester United ke Lazio

"Saat itu, Jaap Stam baru saja kembali dari cedera. Kami mendapat tawaran dari Lazio, 16,5 juta Poundsterling untuk seorang bek berusia 29 tahun. Itu adalah sebuah tawaran yang tidak dapat saya tolak." kata Ferguson menjelaskan keputusannya menjual Stam.

7. Arjen Robben 25 juta Euro pada 2009
Dari Real Madrid ke Bayern Munchen

Robben mengklaim ia "dipaksa" untuk meninggalkan Real Madrid. Dia berkata, "tidak ingin pergi, tetapi klub ingin menjual saya".

28 Agustus 2009, Robben pindah ke Bayern Muenchen dengan nilai transfer sekitar 25 juta Euro. Ia memakai kaus nomor 10, yang sebelumnya pernah dipakai oleh rekan senegaranya, Roy Makaay.

6. Klaas Jan Huntelaar  27 juta Euro pada 2008
Dari Ajax Amsterdam ke Real Madrid

Awal Desember 2008, Real Madrid mencapai kesepakatan dengan Ajax Amsterdam untuk membeli Huntelaar saat jendela transfer tengah musim dibuka pada Januari 2009 dengan nilai 27 juta Euro.

5. Wesley Sneijder 27 juta Euro pada 2007
Dari Ajax Amsterdam ke Real Madrid

12 Agustus 2007, Ajax Amsterdam menjual Sneijder ke Real Madrid seharga 27 juta Euro, berdasarkan website klub, hal tersebut membuat Sneijder menjadi pemain sepak bola Belanda termahal kedua.

Sneijder merupakan orang kedua dari 3 orang Belanda yang pindah ke Madrid pada musim 2007-2008, mengikuti Royston Drenthe dan Arjen Robben.

Ia mendapat kaus bernomor 23, yang sebelumnya dipakai oleh David Beckham selama 4 tahun di Madrid.

4. Ruud van Nistelrooy 30,5 juta Euro pada 2001
Dari PSV Eindhoven ke Manchester United

Sir Alex Ferguson mengatakan bahwa anaknya Darren, yang mengikuti ujian masuk salah satu klub Eredivisie Belanda, Heerenveen, memohon kepada Ferguson. "Kamu harus membeli van Nistelrooy sekarang juga, dia luar biasa!"

Ferguson lantas mengirim perwakilan MU untuk menonton pertandingan PSV Eindhoven selanjutnya dan membeli Nistelrooy pada keesokan harinya.

3. Robin van Persie 30,5 juta Euro pada 2012
Dari Arsenal ke Manchester United

Pada 15 Agustus 2012, Arsenal mengumumkan bahwa mereka telah menyetujui kesepakatan transfer RvP dengan Manchester United.

Dua hari kemudian, RvP menandatangi kontrak dengan MU sebesar 22,5 juta Poundsterling, diikuti dengan tambahan 1,5 juta Poundsterling jika MU memenangkan Liga Premier atau Liga Champions dalam kurun waktu 4 tahun mendatang.

RvP akan membela MU sampai Juni 2016.

2. Arjen Robben 36 juta Euro pada 2007
Dari Chelsea ke Real Madrid

"Ini adalah hal yang sulit untuk meninggalkan Chelsea karena saya bahagia selama 3 tahun disana dan saya berteman dengan banyak orang. Saya tidak mempunyai kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal karena transfer ditutup pada Rabu pukul 10 malam dan esok paginya saya harus terbang ke Spanyol. Jika saya libur satu hari saja, saya akan kembali dan mengucapkan selamat tinggal ke para penggemar, saya berhutang banyak terima kasih karena mereka selalu baik kepada saya." 

Itulah yang dikatakan Robben, yang pindah ke Real Madrid dengan kontrak 5 tahun pada 22 Agustus 2007.

1. Marc Overmars 40 juta Euro pada 2000
Dari Arsenal ke Barcelona

Pada musim panas 2000, Overmars pindah ke Barcelona dengan nilai transfer sebesar 25 juta Poundsterling (sekitar 40,6 juta Euro).

Nilai tersebut menjadikannya pemain sepak bola Belanda termahal sepanjang masa.

Hal itu juga membuatnya menjadi pemain termahal yang pernah dijual oleh klub Inggris dan dibeli oleh klub Spanyol.

Selain itu, transfer Overmars merupakan transfer yang pertama kali diumumkan lewat website pribadi pemain dalam sejarah sepak bola dunia.​

Dari 10 pemain bernilai transfer termahal tersebut, Anda bisa melihat empat pemain timnas Belanda yakni Robin van Persie, Wesley Sneijder, Arjen Robben, dan Klaas jan Huntelaar dalam kunjungan timnas Belanda ke Indonesia, 7 Juni nanti di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Share on :

No comments:

Post a Comment