Social Icons

Monday, May 20, 2013

Modus Pencurian Data di Dunia Maya


Berita mengenai tokoh terkenal menjadi umpan yang sering digunakan phiser (penipu di dunia maya) untuk mencuri data pribadi Anda.

Seperti cerita penyanyi dan pencipta lagu asal Inggris, Rita Ora yang lagu-lagunya masuk peringkat satu tangga lagu UK, yang kini digunakan phiser sebagai umpan.

Hasil pengamatan Symantec Security baru-baru ini menunjukkan; situs yang menggunakan tampilan Rita Ora, mendorong pengguna untuk login ke Facebook dengan menyebut video sebagai "social plugin".

Halaman phising berisi gambar video YouTube palsu Rita sebagai latar belakang. Judul video yang dimaksud digambarkan sebagai sebuah 'video dewasa' dari Rita Ora.

Situs phising memberi kesan bahwa pengguna dapat melihat video yang di latar belakang, ketika login krendensial dimasukkan. Pada kenyataannya, setelah login kredensial dimasukan, pengguna diarahkan kembali ke situs sah yang berisi gambar dewasa Rita Ora (Videonya sendiri tidak ada). 

Jika ada umpan yang kena, maka phiser telah berhasil mencuri data login akun sosial korban, yang dapat berakibat buruk bagi korban.

Karena itu untuk menghindarinya, perhatikan tip berikut:

1. Tidak mengklik tautan yang mencurigakan dalam email
2. Tidak memberikan informasi pribadi apapun saat menjawab email
3. Tidak memasukan informasi pribadi di halaman atau layar pop-up
4. Pastikan website terenkripsi dengan sertifikat SSL dengan melihat lambang gembok, "https", atau address bar berwarna hijau ketika memasukan informasi pribadi atau keuangan.
5. Gunakan software keamanan yang komprehensif.
6. Hati-hati saat mengklik tautan menarik yang dikirim melalui email atau diposting pada jejaring sosial.

Share on :

No comments:

Post a Comment