Social Icons

Saturday, May 25, 2013

Fakta-fakta Menarik Menjelang Final Champions League


Tensi panas sudah mulai tersaji menjelang laga final UEFA Champions League musim ini antara Borrusia Dortmund melawan Bayern Munchen yang akan berlangsung di Stadion Wembley, London (Sabtu, 25 Mei 2013). Sindir-menyindir antara kedua klub raksasa asal Jerman tersebut sulit di hindari menjelang laga final nanti.

Pelatih Borrusia Dortmund, Juergen Klopp menyindir Bayern Munchen dengan menyebut jawara Bundesliga musim ini sebagai “musuhnya James Bond” sindiran pelatih berusia 45 tahun itu merujuk pada kebiasaan Bayern Munchen yang merekrut para pemain-pemain top dari klub-klub lain di Bundesliga.

“Bayern ingin berkuasa sendirian di Bundesliga. Mereka ingin seperti James Bond. Tapi mereka bukan James Bond, mereka hanya orang biasa,” ucap Juergen Klopp.

Borrusia Dortmund juga menjadi korban dari kebijakan Bayern Munchen. Kebijakan dari Bayern Munchen itulah membuat Borrusia Dortmund harus rela kehilangan salah satu pemain bintang mereka Mario Goetze yang akan hengkang ke Bayern Munchen pada musim depan. Tidak hanya beberapa pemain bintang Borrusia Dortmund yang lainnya seperti Matt Hummels dan Robert Lewandowski juga memiliki peluang yang sama untuk mengikuti jejak Mario Goetze bergabung dengan Bayern Munchen.

“Kami bukan supermarket, namun mereka menginginkan para pemain kami, karena tahu kami tidak sanggup membayar dengan harga mahal. Jika itu rencana Bayern, mereka seperti musuh James Bond,” ucap Juergen Klopp.

Menanggapi ungkapan tersebut, Direktur Bayern Munchen Mattias Sammer yang juga merupakan salah satu legenda Dortmund mempersilahkan Juergen Klopp untuk menyampaikan pendapatnya sebebas mungkin. “Di Jerman semua orang punya hak untuk bicara,” kata Mattias Sammer.

“Klopp berpikir, dia harus menyampaikan sebuah gambaran ke penjuru dunia, lalu dia harus melakukannya. Namun, kami tidak merasa perlu menanggapi,” ujarnya.

Terlepas itu, fakta yang sangat menarik antara Borrusia Dortmund vs Bayern Munchen. Dalam 3 musim terakhir kedua klub rakasasa Jerman tersebut selalu bersaing untuk menjadi yang terbaik. Pertemuan antara kedua tim di pentas Bundesliga yang di sebut laga “Der Klassiker”. Hal itu dikarenakan kedua sering menyajikan pertandingan atau persaingan yang sangat sengit dan klasik.

Dan pada kompetisi Bundesliga musim 2012-2013 Bayern Munchen mampu membuktikan diri menjadi yang terbaik dari Borrusia Dortmund, setelah dua musim berturut-turut Bayern Munchen harus mengakui keunggulan Borrusia Dortmund. Namun, pada akhirnya Bayern Munchen mampu mengangkat Trofi Bundesliga musim ini dengan unggul 25 poin atas Dortmund.

Berikut adalah fakta-fakta menarik dalam laga Der Klassiker antara Bayern Munchen vs Borrusia Dortmund antara sebagai berikut;

1. Ini merupakan final All-German pertama sepanjang sejarah Liga Champions. Final Liga Champions antara sesama negara sebelumnya terjadi 3 kali yakni pada tahun 2000 (Spanyol), tahun 2003 (Italia), dan tahun 2008 (Inggris).

2. Tim Jerman dipastikan akan menjadi juara untuk kali ketiga dalam format Liga Champions. Sebelumnya Borrusia Dortmund pada tahun 1997 dan Bayern Munchen pada tahun 2001.

3. Bayern Munchen mengalami 3 kali kekalahan dari 4 partai final Liga Champions yang mereka lakoni. Sementara Borrusia Dortmund meraih kemenangan dalam satu-satunya final Liga Champions sepanjang sejarah mereka.

4. Hanya satu kali dua tim asal Jerman bertemu dalam kompetisi Eropa. Pada tahun 1980, Eintracht Frankfurt menjuari Piala UEFA setelah menaklukan Borrusia Moencengladbach di partai final dengan agregat 3-3 unggul gol tandang. Dan pelatih Gladbach waktu itu adalah Jupp Heynckes yang tidak lain adalah pelatih Bayern Munchen saat ini.

5. Borrusia Dortmund tidak terkalahkan saat menjamu Bayern Munchen dalam 6 partai liga terakhir (4 kali menang, 2 kali imbang). Namun, Bayern Munchen juga tidak mengalami kekalahan dari Borrusia Dortmund dalam 4 pertemuan musim ini (2 kali menang di Super Cup dan DFB-Pokal dan 2 kali imbang di Kompetisi Bundesliga).

6. Pertemuan terakhir di tempat netral adalah di partai final DFB-Pokal 2012. Ketika itu Borrusia Dortmund berhasil menaklukkan Bayern Munchen dengan skor telak 5-2 di Olympias Stadion.

7. Bayern Munchen meraih 4 kemenangan pada babak perempatfinal dan semifinal tanpa kebobolan (agregat 11-0). Bayern menjadi tim kelima dalam Liga Champions yang tidak kebobolan dalam babak ini.

8. Ini merupakan Liga Champions ketiga Jupp Heynckes sebagai pelatih. Dalam tiga kesempatan tersebut Jupp Heynckes selalu mencapai babak final. Yakni pada 1998 Heynckes menjadi jawara Liga Champions bersama Real Madrid, dan pada tahun 2012 lalu Heynckes kalah di babak final Liga Champions bersama Bayern Munchen.

9. Bayern Munchen berpeluang menjadi tim pertama untuk meraih treble winners (liga domestik, piala domestik, dan Liga Champions). Sebelum-sebelum sudah ada 6 tim yang pernah melakukannya, dan yang terakhir adalah klub raksasa Italia, Inter Milan pada tahun 2010 lalu.

10. Pemain muda bertalenta Mario Goetze akan bergabung bersama Bayern Munchen pada musim depan dengan nilai transfer 37 juta euro. Dan hanya Zlatan Ibrahimovic (7) yang memiliki assist lebih banyak dari Mario Goetze (5).

11. Hanya Cristiano Roanldo (12) yang mencetak lebih banyak gol dibanding dengan Robert Lewandowski (10) di Liga Champions Eropa musim ini. Sedangakan top scorer Bayern Munchen adalah Thomas Mueller yang telah mengoleksi 8 gol di Liga Champions musim ini.

12. Neven Subotic (133) dan Matt Hummels (106) melakukan lebih banyak clearence dibandingkan dengan pemain lain di Liga Champions musim ini.

13. Javi Martinez telah membuat 39 kali intersep lebih banyak dibandingkan dengan pemain yang lain di Liga Champions musim ini. Sedangkan untuk tekel hanya Arturio Vidal (44) yang melakukan tekel lebih banyak dibandingkan dengan Bastian Schweinsteiger (43).

14. 6 dari 10 gol yang diciptakan Bayern Munchen diciptakan dalam 15 menit terakhir. Bayern Munchen mencetak gol melalui sundulan kepala lebih banyak dibandingakan dengan tim-tim lain di Liga Champions Eropa musim ini.

15. Borrusia Dortmund hanya melakukan 3 kali clean sheet dalam 12 pertandingan Eropa mereka.

16. Hanya satu dari 5 pertandingan final Liga Champions Eropa yang mengahsilkan lebih banyak dari 2,5 gol. Dan yang lebih menarik adalah final itu di gelar di Stadion Wembley, London (Barcelona 3 - 1 Manchester United pada tahun 2011 lalu).

Dan sudah pasti pertandingan laga final UEFA Champions League musim ini antara Bayern Munchen vs Borrusia Dortmund akan berlangsung seru, menarik, dan sangat menegangkan pastinya bagi pendukung masing-masing kedua kesebelasan. Karena kedua tim akan menampilkan permainan terbaik yang mereka miliki dan mengeluarkan semua kemampuan terbaik mereka untuk menjadi terbaik. 

Apakah Bayern Munchen yang akan keluar sebagai jawara UEFA Champions League musim ini ataukah Borrusia Dortmund? Untuk mengetahui hasilnya yang pasti saksikan saja langsung pertandingannya yang akan di siarkan secara langsung Stasiun Televisi SCTV dini hari nanti.

Sumber: The Sun, TZ, Eurosport dan viva.co.id

Share on :

No comments:

Post a Comment